Posted on Leave a comment

Teknologi Rekayasa Sistem Multimedia

Hai Guys!

Kenalin, Aku Ardelia. Kali ini, aku ingin memperkenalkan kepada kalian semua tentang jurusanku. Yap, sesuai dengan judul yang tertera, Teknologi Rekayasa Sistem Multimedia atau bisa disingkat dengan sebutan TRM. So, inilah dia.

Teknologi Rekayasa Sistem Multimedia merupakan program studi di bidang Rekayasa Multimedia. Di Telkom University, prodi TRM berada di fakultas ilmu terapan dengan title D4 atau setara dengan S1 Terapan. Untuk saat ini, baru ada 4 angkatan, yang artinya, angkatan tertua dari prodi ini baru akan lulus pada tahun ini. Yap, TRM merupakan salah satu prodi baru di Tel-U.

TRM mengajak mahasiswanya agar mampu menguasai dasar analisis algoritma, konsep artificial intelligence, realistas sistem, pengembangan aplikasi mobile dan pengembangan aplikasi multimedia serta prinsip pembangunan software, pengujian sistem berbasis multimedia dan pengelolaan proyek yang berkaitan dengan penerapan sistem multimedia.

Sehingga, mahasiswa TRM diharapkan mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni, menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni.

Mata kuliah TRM, cukup menarik. Berikut beberapa diantaranya :
– Visualisasi dan Animasi 2D
– Visualisasi dan Animasi 3D
– Grafika dan Citra Komputer
– Teknologi Multimedia
– Gamifikasi
dll.

Lulusan TRM memiliki kesempatan untuk berkarir di bidang :
Games developer
– Teknologi Multimedia
Mobile application
– Percabangan jaringan yang terkait dengan media broadcasting
Content Creator
software developer
Internet application

Dan, TRM memunyai himpunan mahasiswa loh. Namanya, HIMATREDIA (Himpunan Mahasiswa Teknologi Rekayasa Sistem Multimedia). Tidak seperti himpunan biasanya, nama setiap departement himpunannya cukup unik. Dengan mengambil nama karakter dari suatu game yang ada.

Oiya, saat ini, aku masih menginjak semester 2. Dan menurut pengalamanku selama 1 semester di TRM. Diawal, aku memang tidak tahu menahu tentang TRM. Namun, setelah bertemu dengan matkul Vis2D, aku mulai merasa nyaman dengan TRM. Aku selalu ingin tahu, bagaimana animator itu bisa membuat animasi sebagus itu dan sedetail itu. Terutama animasi 3D. Dan juga, karena aku menyukai game, jadi aku merasa cocok dengan TRM. Sebenarnya, TRM ini tidak berat, hanya saja, jika kamu tidak mempraktekkan apa yang sudah diajarkan. Aku yakin, bakalan merasa kesusahan. Meskipun ada banyak tutorial di YouTube, Google, dan segala sumber lainnya. Sebab, kita membutuhkan konsep dasar dari semua itu. Selebihnya bisa mengikuti melalui tutorial yang ada. Kayaknya, segini dulu deh, terimakasih sudah membaca! 🙂

untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi laman ini https://dsm.telkomuniversity.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *